Minggu, 09 Oktober 2011

Pengembangan Instrumen Pengukuran Kinerja Puskesmas

Puskesmas memiliki peranan yang sangat penting terhadap pembangunan kesehatan masyarakat dalam rangka pencapaian visi Indonesia Sehat. Puskesmas berfungsi sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan keluarga dan masyarakat, dan pusat pelayanan kesehatan strata pertama serta  merupakan tempat pelayanan kesehatan masyarakat tingkat pertama (primary health care) yang perlu memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan bermutu.

Berdasarkan laporan dari United Nation Development Programme (UNDP) tahun 2005 menyatakan bahwa Human Development Index (HDI) Indonesia berada pada urutan ke 110 dari 177 negara. Salahsatu upaya meningkatkan indikator Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia adalah dengan meningkatkan kualitas kinerja Puskesmas sebagai institusi pelayanan kesehatan dasar agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik dan memiliki  tanggungjawab tentang penyelenggaraan, dan pengelolaan pembangunan kesehatan di wilayahnya.  Untuk itu Puskesmas sebagai salahsatu institusi pelayanan kesehatan dasar saat ini memerlukan upaya untuk meningkatkan kinerjanya agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik.

Puskesmas memiliki 6 kriteria baru yakni : Kepemimpinan Kesehatan, Profil Puskesmas,Perencanaan Kesehatan dan Orientasi Masyarakat; Pembelajaran, Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Proses Layanan Kesehatan,Sistem Informasi Puskesmas dan Manajemen Pengetahuan  dan  Kinerja Puskesmas.

3 komentar: