Rabu, 12 Oktober 2011

Puskesmas Fasilitas Rawat Inap Terus Ditambah

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta terus meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Setelah membangun tiga puskesmas dengan layanan rawat inap seperti kelas III di rumah sakit, penambahan kapasita layan tersebut saat ini tengah dilakukan di 9 Puskesmas Kemacatan.
Tidak hanya itu, tahun 2012, sudah dianggarkan penambahan kapasitas layanan rawat inap di 7 puskesmas kecamatan. Sehingga tahun depan, DKI Jakarta telah memiliki 19 Puskesmas Kecamatan Rawat Inap.
Tiga puskesmas rawat inap yang sudah beroperasi pada tahun ini, yaitu Puskesmas Kecamatan Tambora, Jakarta Barat dengan kapasitas delapan tempat tidur dan akan ditambahkan pada akhir tahun 2011 menjadi 20 tempat tidur. Lalu Puskesmas Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan sudah beroperasi dengan kapasitas sebanyak 20 tempat tidur, lima diantaranya digunakan sebagai pelayanan gizi buruk. Selanjutnya Puskesmas Kecamatan Kebonjeruk, Jakarta Barat sudah beroperasi rawat inap dengan kapasitas enam tempat tidur.
“Kita tambah kapasitas tempat tidurnya. Sehingga mampu melayani warga miskin dengan penyakit ringan. Jadi tidak perlu ke rumah sakit,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, Rabu (12/10).
Selain tiga puskemas yang sudah melayani rawat inap, tahun ini akan dibangun fasilitas rawat inap di sembilan puskesmas rawat inap dari target 19 puskesmas itu. Puskesmas ini antara lain berada di Kec. Cilincing, Kec. Penjaringan, Kec. Mampang Prapatan, Kec. Pesanggrahan, Kec. Kebayoran Lama, Kec. Pasar Minggu, Kec. Koja, Kec. Kembangan dan Kec. Tebet. Seluruh fasilitas rawat inap harus selesai pada akhir tahun 2011 ini.
Dipilihnya lokasi tersebut ditambahkan Dien, lantaran kawasan itu merupakan wilayah padat penduduk dan terdapat kantong-kantong masyarakat kumuh. Misalnya di Kec. Tebet sangat padat sekali, dalam satu hari ada 750 hingga 800 kunjungan di puskesmas
Sementara tahun 2012, akan ada pembangunan fasilitas rawat inap di tujuh puskesmas yang berada di Kecamatan Ciracas, Kecamatan Kramat Jati, Kecamatan Sawah Besar, Kecamatan Cempaka Putih, Kecamatan Kali Deres dan Kecamatan Grogol Petamburan.
Khusus di kawasan Kecamatan Grogol Petamburan, Dien mengungkapkan akan dibangun bangunan puskesmas baru dengan alokasi anggaran diperkirakan sekitar Rp8 miliar hingga Rp10 miliar.(guruh/b)

14 komentar:

  1. kok ditmbah emang kapasitasnya krang ya,..

    BalasHapus
  2. Iya di tambah karna untuk menangani warga miskin yang sakit ringan

    BalasHapus
  3. kalo buat warga2 miskin brarti murah dong dsana..
    jamsostek diutamakan gak disana?

    BalasHapus
  4. Iya..
    apalagi kalo soal gizi buruk,,
    mungkin iya is,,
    soalnya yang saya tau hanya buat menangani warga miskin

    BalasHapus
  5. sangat baik sekali, pastinya sangat di perlukan adnya pembangunan fasilitas rawat inap untuk kesehatan masyarat sehingga dan secara otomatis dapat juga turut mensukseskan program2 kesehatan dan program anggaran rensponsif gender atau di sebut juga ARG.
    kalau program ini berjalan dngan baik, mayarakat yang sakit baik itu pria/wanita tidak perlu kuatir tentang sarana dan pasilitas masyarakat yg mau berobat.

    BalasHapus
  6. @ Rind arini _ Hahahaha,,Iya lanjutkan,,

    @ a'agun tok _ Dengan penambhan fasilitas ini akan mmbnatu masyrakat yang sakit ringan jadi tidak prlu lagi k Rumah sakit,

    BalasHapus
  7. gitt jdi kngn MOPK d puskesmas,,,
    heheeh

    BalasHapus
  8. mungkin tambah bnyak org sakit aja di dunia ne,,,yg bkin anak mkin bnyak yg mati sdikit,,rumah sakit jd overload,,

    BalasHapus
  9. tapi sama aja bo'ong msh bny msrkt mskn yang mau berobat tetep aja di persulit :(

    BalasHapus
  10. iya, coz dijalan banyak yang kecelakaan, buka Puskesmasnya yang deket jalan..

    BalasHapus
  11. Iya lah dengan penambahan puskesmas itu dapt memebantu setiap orang jikaa mengalami kecelakaan.

    BalasHapus
  12. Kalau USG gratis juga kah?
    Soalnya tahun lalu di puskesmas Mampang Prapatan masih bayar Rp.68.000 untuk 1 x USG plus kontrol kehamilan, mudah2an sih gratis juga

    BalasHapus